Rabu, 29 Mei 2013

Mengintip Kantor Animasi di Cimahi (BITC)

Kantor animasi di cimahi
Kantor BITC dari depan
Gedung dengan ornamen kuning dan merah, berlokasi di Jl. MHS Mintareja, Cimahi, Bandung ini adalah Baros Information Technology Creative Cimahi (BITC). Ada apa di dalamnya?
Penasaran menilik dari namanya, Baros Information Technology Creative Cimahi bisa jadi adalah tempat yang hebat. Terbayang, tempat ini ibarat 'pabrik' konten digital creative.
loby kantor BITC
Kantor BITC loby
Lantai lainnya boleh jadi sepi. Tapi saat tiba di lantai 4, surprise! Di sini, kita akan mendapati anak-anak muda yang sedang asyik berkutat menciptakan animasi.
kantor BITC lantai 4
Kantor BITC lantai 4
Boleh dibilang, animasi menjadi denyut utama kegiatan Cimahi Creative Association (CCA) yang bertempat di gedung BITC ini. Cimahi sendiri terbilang unik karena menjadi satu-satunya kota yang punya keunggulan di bidang animasi.
lab animasi
Pengerjaan Animasi
Menarik melihat cara kerja para animator ini, dari mulai tahap pra produksi, produksi, hingga post produksi. Salah satunya, memperhatikan bagaimana mereka menciptakan gerakan menggunakan sejenis pakaian bersensor bernama motion capture.

Disini, diadakan berbagai workshop animasi gratis untuk menumbuhkan bakat-bakat animator. Para pengajarnya, para dedengkot yang merupakan instruktur profesional dan penggerak animasi di Cimahi.
perancangan animasi
Pembuatan Animasi
Perhatikan, salah satu artis mengenakan motion capture, membuat gerakan. Sensor dan kamera akan menangkap gerakan. Selanjutnya, rekaman gerakan ini nantinya akan dimasukkan ke dalam karakter animasi.
http://images.detik.com/content/2013/05/28/1146/gambar-6-(1).JPG
Sensor motion capture
pembuatan karakter animasi
Pemuatan karakter animasi
Ke depan, BITC akan lebih dikembangkan menjadi ekosistem untuk pengembangan industri kreatif, tak hanya animasi. Diharapkan ini akan menumbuhkan inovasi dan kreatifitas yang dapat diarahkan menjadi sebuah bisnis.
BITC
Baros Information Technology & Creative Center (BITC)

Sumber: DetikInet
Fotografer - Rachmatunisa

Like Post:

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini atau dengan kolom komentar Facebook pada bagian atas ini.
Berkomentarlah dengan sehat! Dilarang membuat komentar dengan isi yang mengandung spam, sara, pornografi, politik, iklan, dan diluar norma yang berlaku. Thanks.